Home

Monday 4 June 2012

Ukraina Menghelat Euro 2012 di 4 Stadion

Ukraina pada beberapa bulan terakhir terlihat makin sibuk mempersiapkan diri menyambut datangnya para tamu-tamu agung pesepak bola dunia. Diantaranya yang paling sibuk tentu saja stadion-stadion tempat pertandingan dilangsungkan.
Pesta pembukaan Euro 2012 memang akan di gelar di Warsaw tetapi partai final akan di gelar di kota Kiev, tepatnya di stadion yang diberi nama Olympic Stadium. Stadion yang berkapasitas 68.000 ribu penonton menurut goal.com ini terletak di pusat kota Kiev tepat sebelah kanan Sungai Dnieper dan di terletak di kaki bukit Cherepanov.

Kompleks stadion pertama kali didirikan pada tahun 1923 ini pertama kali diberi nama Red Stadium of Trotsky. Berganti nama menjadi Olympic Stadium tahun 1996, seiring dengan kemerdekaan yang berhasil di raih oleh Ukraina lima tahun sebelumnya.
Supaya menjadi stadion yang layak, proses perbaikan yang dimulai pada 1 Desember 2008, berhasil diselesaikan di tahun 2011 dan diresmikan oleh Presiden Ukraina Viktor Yanukovych pada 8 Oktober 2011.
Tuan rumah Ukraina akan menjadi kesebelasan pertama yang akan mencicipi hasil dari perbaikan stadion. Dalam laga pembuka Grup D pada 11 Juni nanti. Dimana Ukraina akan berhadapan dengan Swedia. Setelahnya, Inggris (15 Juni) dan Prancis (19 Juni) bergantian menantang Swedia.
Arena Lviv, merupakan stadion yang secara khusus dibuat untuk gelaran Piala Eropa 2012. Arena Lviv yang dibangun 20 November 2008 selesai pada bulan Oktober 2011.
Kapasitas tempat duduk sebanyak 34.915, membuat stadion ini menjadi yang terkecil diantara tujuh stadion lainnya dalam perhelatan Piala Eropa di Ukraina dan Polandia Juni-Juli 2012.
Stadion Arena Lviv terletak di sebelah utara dari pusat kota Lviv dengan jarak kurang lebih delapan kilometer, bisa dicapai dengan jaringan trem yang tersedia. Rencananya tiga negara, yakni, Jerman, Portugal, dan Denmark akan memainkan masing-masing dua laga Grup B di stadion ini. Dan sepertinya Arena Lviv akan menjadi saksi tersingkirnya salah satu tim unggulan yaitu saat duel Jerman melawan Portugal pada 9 juni mendatang.
Kota Kharkiv dengan Metalist Stadium-nya juga mendapat kesempatan untuk menghelat pertandingan sepak bola besar dunia ini. Stadion Metalist punya sejarah panjang hingga akhirnya bisa menjadi stadion megah berkapasitas 38.633 tempat duduk.
Stadion yang mulai dibangun di tahun 1925 dengan mengambil tempat yang kurang lazim untuk membangun sarana olahraga yaitu dengan melakukan penggusuran terhadap makam yang bernama Holy Spirit.
Tractor Stadium, yang merupakan nama pertama Metalist Stadium diprakarsai pembangunannya oleh Ketua Presidium Uni Soviet Anastas Mikoyan, pembangunan ini selesai dibangun pada tahun 1926. Stadion yang berjarak kurang lebih lima kilometer dari pusat kota Kharkiv ini bisa dicapai dengan kereta api karena letaknya yang hanya berseberangan dengan Kharkiv-Passazhyrsky Railway Stations.
Sebanyak tiga laga Grup B akan dimainkan di Metalist Stadium dimana Belanda selalu mengambil bagian di dalamnya.
Kandang dari klub Shaktar Donestk, Donbass Arena, juga mendapat jatah menghelat pertandingan Euro 2012. Stadion yang dibangun mulai 7 Juni tahun 2006, diresmikan pada 29 Agustus 2009.
Stadion ini memiliki desain unik dan berada di tengah sebuah taman kota. Dirancang dengan atap tinggi hingga memiliki bentuk menyerupai cawan, stadion ini juga dibuat agar bisa mendapatkan banyak cahaya alami serta sirkulasi udara yang maksimal. Tambahan penerangan lampu di sekitar stadion semakin mempercantik keindahan pemandangan stadion ini saat hari mulai malam.
Sebanyak 52,518 tempat duduk disediakan bagi penonton untuk dapat menyaksikan laga di Donbass Arena. Stadion yang tereletak di seberang taman Lenin Comsomol ini, hanya berjarak kurang lebih 16 kilometer dari Donetsk International Airport. Banyak pilihan transportasi untuk bisa menuju stadion. Mulai dari jaringan trem, bus troli, serta bus kota.
Pertandingan Grup D akan dipentaskan di stadion ini. Laga pertama akan menyajikan duel seru antara Prancis melawan Inggris pada 11 Juni 2012 mendatang. Laga Grup D lainnya juga akan dihelat di tempat ini. Dua laga lainnya, yang akan berlangsung di Donbass Arena adalah satu laga perempat final dan semifinal.

No comments:

Post a Comment