Home

Friday 8 June 2012

Habibie & Ainun

'.....Inilah yang sanggup saya berikan sebagai hadiah kepada istri saya almarhumah Ainun… Bagi saya, hikmah menulis buku ini, telah menjadi terapi untuk mengobati kerinduan, rasa tiba-tiba kehilangan oleh seseorang yang selama 48 tahun 10 hari berada dalam kehidupan saya, ... karena antara saya dan Ainun adalah dua raga tetapi hanya satu jiwa,”....

Beberapa waktu lalu saya membaca sebuah buku yang berjudul Habibie dan Ainun... (Insyaallah dalam waktu dekat menjadi ebook). Buku ini berisi tentang kisah Pak Habibie bersama Ibu Ainun dari awal bersama, hingga akhir hayat Ibu Ainun... Di kata pengantar buku tersebut, Pak Habibie menuliskan bahwa buku ini adalah 'obat' untuknya karena beliau sangat terpukul dan sedih karena ditinggalkan oleh orang yang sangat dia cintai. Beliau sampai berkonsultasi ke psikiater karena merasa jiwanya sangat terpukul. Menulis buku tersebut adalah salah satu terapi jiwanya.

Begitu besar cintanya pada Ibu Ainun...
http://photo.goodreads.com/books/1304350646l/9823976.jpg
cover buku Habibie dan Ainun


Setelah membaca buku itu, saya seperti mendapat pembenaran atas perasaan cinta yang 'lebay' pada seseorang... Tidak salah atau berlebihan jika seseorang itu mencintai orang lain... Karena cinta itu anugerah yang Tuhan berikan kepada manusia.
Walaupun beliau begitu mencintai Ibu Ainun, tapi beliau sadar bahwa ada cinta yang lebih besar yaitu cinta kepada Tuhan, beliau relakan Ibu Ainun tenang disisi-Nya..

Pak Habibie pun berkata bahwa beliau sangat mencintai Ibu Ainun tapi Allah lebih mencintainya, maka Allah mengambilnya...




Kisah cinta almarhumah Hasri Ainun Habibie dan mantan Presiden Republik Indonesia B J Habibie memberikan pelajaran serta inspirasi bagi semua pasangan suami-istri di penjuru tanah air, betapa indahnya memelihara kesetiaan cinta sampai akhir hayat.
Bila mengenang almarhumah Hasri Ainun Habibie, BJ Habibie tak kuasa menahan kesedihannya. Bola mata Habibie yang biasanya selalu berbinar-binar bila sedang berbicara tentang teknologi dan pandangan politiknya…saat itu berubah redup…hingga tetes air mata membasahi pipi. 

 https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgHfXiLPJBbzil_R9aUGtknX07GLQlLVZBYVkfVLE8ZyPpCnMMxqXBj5JlMlVUcGpTHYnAkSdxjCZGJdURloAb9eY806KZf3EBJsFu5dtEoev8ELpizM4q6mFjcc_xafVjBSJgSjfKuWDY/s1600/89918_bj_habibie__ainun_habibie_dan_2_cucu_mereka.jpg 
 https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgy8neei0P524UJD7zNma_FVBycHcxZhAZAMu3eseo-aOoZ5Y2l3t_vPcdwZF0U_GYvNu6bdkj8mPyRJlY1KAcDBtPqDWXc5Au0jMBpJzeB_yJ2J1BXVNh97TfX7uMBsNAhil7iwUvZdA4/s1600/terpopuler+sepekan-ainun-habibie-berpulang-10.jpg


Siapa pun yang melihatnya ikut hanyut dalam duka. Siapa pun tak menyangka, seorang pria yang biasanya selalu tegar dan ceria itu ternyata menyimpan sisi romantisme yang patut menjadi teladan. Sungguh sempurna pribadi BJ Habibie, beliau memiliki otak yang cerdas cemerlang, karier dan kedudukan yang terhormat dalam masyarakat, dan beliau ternyata juga memiliki cinta sejati untuk sang istri.
Betapa bahagia dan bangganya almarhumah Hasri Ainun Habibie memiliki suami yang mencintai almarhumah sampai di keabadian.Tentu banyak wanita yang ingin nasibnya seberuntung almarhumah Hasri Ainun Habibie, menjadi wanita utama di hati suaminya. Sesuatu yang sulit didapatkan pada jaman ini.
Selamat jalan Bunda, terimakasih atas perhatian Bunda pada semua orang yang memerlukan bantuanmu. Hingga akhir hayat, Ibunda Ainun Habibie telah mencurahkan perhatiannya untuk mengurus dua lembaga sosial; pertama adalah Yayasan Orbit yang memberikan beasiswa dari SD sampai S1 dan kedua, perhimpunan bank mata. Ini adalah bukti cinta Ibunda Ainun Habibie pada masyarakat Indonesia.
Almarhum menghembuskan nafas terakhirnya pada hari Sabtu 22 Mei 2010 setelah menjalani operasi kanker rahim di salah satu rumah sakit besar di Munich, Jerman.

 http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/b/b4/Habibie_family_portrait.jpg/300px-Habibie_family_portrait.jpg
Almarhumah Ainun dimakamkam di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, pada hari Selasa 25 Mei 2010. Pada masa hidupnya ia pernah menerima penghargaan bintang jasa Republik Indonesia kelas 2 Bintang Mahaputra Adi Pradana.
Hasri Ainun Habibie dilahirkan di kota Semarang, 11 Agustus 1937. Putri keempat dari delapan bersaudara keluarga H Mohammad Besari ini dikenal ramah kepada siapa pun.
Ainun dan Habibie menikah pada tanggal 12 Mei 1962. Kedua pasangan yang saling mencintai ini berbulan madu di beberapa tempat, yaitu: Kaliurang-Yogyakarta, kemudian ke Bali, dan diakhiri di Ujung Pandang yang merupakan kampung halaman Habibie.
Setelah menikah, Ainun harus ikut Habibie yang menyelesaikan pendidikan doktoralnya di Jerman. Kehidupan awal di sana dilalui dengan keadaan ekonomi yang pas-pasan karena pendapatan beasiswa Habibie yang teramat kecil.
Namun walaupun keadaan yang serba pas-pasan, Ainun tak pernah mengeluh. Dengan sabar dan penuh cinta kasih, Ainun tetap setia mendampingi Habibie.Dalam suka dan duka. Agar dapat menghemat, Ibu Ainun pun sempat menjahit sendiri pakaian bayi untuk buah.
Dari pernikahan ini, pasangan sejati tersebut memiliki dua orang putra yang masing-masing bernama llham Akbar dan Thareq Kemal serta enam orang cucu hati yang sedang dikandungnya.
 

Puisi BJ Habibie utk almarhum istrinya

Sebenarnya ini bukan tentang kematianmu, bukan itu.
Karena, aku tahu bahwa semua yang ada pasti menjadi tiada pada akhirnya,
dan kematian adalah sesuatu yang pasti,
dan kali ini adalah giliranmu untuk pergi, aku sangat tahu itu.
Tapi yang membuatku tersentak sedemikian hebat,
adalah kenyataan bahwa kematian benar-benar dapat memutuskan kebahagiaan dalam diri seseorang, sekejap saja, lalu rasanya mampu membuatku menjadi nelangsa setengah mati, hatiku seperti tak di tempatnya, dan tubuhku serasa kosong melompong, hilang isi.
Kau tahu sayang, rasanya seperti angin yang tiba-tiba hilang berganti kemarau gersang.
Pada airmata yang jatuh kali ini, aku selipkan salam perpisahan panjang,
pada kesetiaan yang telah kau ukir, pada kenangan pahit manis selama kau ada,
aku bukan hendak mengeluh, tapi rasanya terlalu sebentar kau disini.
Mereka mengira aku lah kekasih yang baik bagimu sayang,
tanpa mereka sadari, bahwa kaulah yang menjadikan aku kekasih yang baik.
mana mungkin aku setia padahal memang kecenderunganku adalah mendua, tapi kau ajarkan aku kesetiaan, sehingga aku setia, kau ajarkan aku arti cinta, sehingga aku mampu mencintaimu seperti ini.
Selamat jalan,
Kau dari-Nya, dan kembali pada-Nya,
kau dulu tiada untukku, dan sekarang kembali tiada.
selamat jalan sayang,
cahaya mataku, penyejuk jiwaku,
selamat jalan,
calon bidadari surgaku ….

BJ.HABIBIE

(sumber : http://gemar-baca-book.blogspot.com)
(Sumber : www.haerilhalim.wordpress.com)

4 comments:

  1. Boss.. boleh minta e-booknya? :) makasih ya sebelumnya,,

    ReplyDelete
  2. iya nih bagaimana cara ngedapatin ebook nya.....!

    ReplyDelete
  3. link buat download ebook nya mana ya ? :)

    ReplyDelete
  4. Sory banget ya Gan,...!!! masih blum ketemu nih....

    ReplyDelete